Diposting Pada: Rabu, 14 Juli 2021
2 Siswa MAN 1 Bungo kembali menjadi Delegasi Provinsi Jambi di tingkat Nasional


2 Siswa MAN 1 Bungo kembali menjadi Delegasi Provinsi Jambi di tingkat NasionalBungo (Kemenag). Dua siswa MAN 1 Bungo terpilih sebagai delegasi provinsi Jambi dalam Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PIRN LIPI) tahun 2021. Perkemahan yang kembali digelar setelah vacum pada tahun 2020 dikarenakan pandemi covid-19 ini, mengusung tema Eksplor Riset dilaksanakan pada 29 Juni hingga 8 Juli 2021 di Temanggung, Jawa Tengah.

Siswa terpilih tersebut ialah Hafizoh dari kelas X MIPA 3 Elektronika dan Maiza Wira Mukti dari kelas XI IPA 1, mereka berhasil mewakili satu-satunya Madrasah di Provinsi Jambi yang lulus seleksi dan berhak mengikuti kegiatan ini selama 10 hari bersama 90 orang siswa lainnya dari seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari 45 siswa yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia dan 45 lainnya dari Sekolah Umum. Kegiatan ini juga diikuti oleh 23 orang guru pendamping dari 20 Provinsi di Indonesia.
Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Riset dibawah Presiden ini berkutat pada kegiatan pelatihan dan presentasi pembuatan karya tulis ilmiah yang dimaksudkan untuk menumbuhkan minat dan pengetahuan dasar terkait penelitian.


Hafizoh sebagai peserta mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan juga dapat merpertemukannya dengan banyak rekan-rekan se-Indonesia. “Alhamdulillah, kegiatannya seru sekali dan banyak ilmunya. Jadi kita tahu bagaimana membuat penelitian dari awal. Banyak teman juga dari sekolah-sekolah lainnya dari seluruh Indonesia”, ujar nya. Maiza juga menambahkan, bahwa dikelas yang diikutinya banyak siswa-siswa yang sudah mahir dalam meneliti. “Jadi Alhamdulillah banyak sharing dan dapat ilmu baru dari teman-teman lain”.


Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian, M.Pd.I sangat mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan motivasi serta semangat kepada peserta dan pembimbing untuk mengikuti PIRN LIPI 2021 ini. “Kami sebagai Kepala Madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan semangat untuk Pembimbing, Pak Chairul Wahyudi, ananda Maiza dan Hafizoh untuk mengikuti PIRN LIPI ini dengan baik”, ucapnya.


Konsistensi MAN 1 Bungo dalam pembinaan siswa dan guru dalam bidang riset terus dilakukan dengan berbagai treatment. Seperti mengadakan pelatihan internal, mengikuti pelatihan yang disediakan oleh pihak luar dan mengikuti kompetisi ilmiah bidang karya tulis ilmiah. Semoga ikhtiar bersama dalam memajukan madrasah mandiri berprestasi terus dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk merealisasikan MAN 1 Bungo sebagai pilot project madrasah riset di Indonesia. (Editor/En)

Sumber : MAN 1 Bungo

 


60x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.238.95.208
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved