Diposting Pada: Senin, 19 Oktober 2020
Siswa MAN 1 Bungo Melaju ke Tingkat Nasional MYRES 2020


Siswa MAN 1 Bungo Melaju ke Tingkat Nasional MYRES 2020Bungo (Kemenag). Siswa MAN 1 Bungo terpilih dalam pelaksanaan Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) 2020. Ialah Maiza Wira Mukti siswa kelas XI IPA 1 yang proposalnya terpilih dan akan melaju pada presentasi proposal ditingkat nasional pada 20 Oktober mendatang. MYRES merupakan ajang kompetisi penelitian yang diadakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (Direktorat KSKK) Direktor Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Ajang kompetisi peneliti muda dari seluruh madrasah di Indonesia ini merupakan acara tahun ke – III yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 hingga saat ini.

Pada tahun 2020, MAN 1 Bungo diwakili oleh Maiza Wira Mukti dalam kompetisi ini mengambil tema Covid-19 dengan pendekatan keagamaan dengan judul :Persepsi Masyarakat Kabupaten Bungo terhadap Konsep Jabariah dan Qadariah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”. Judul ini terpilih bersama 49 judul lainnya dari berbagai madrasah aliyah se-Indonesia pada bidang Ilmu Keagamaan. Maiza (red) terpilih menjadi finalis MYRES 2020 setelah menyisihkan dari proposal yang masuk sejumlah 5.600 proposal dari seluruh Indonesia. Jumlah ajuan proposal pada tahun 2020 ini meningkat lebih 5 kali lipat, yaitu pada tahun 2018 sebanyak 666 proposal dan pad atahun 2019 sebanyak 1.018 proposal.

Acara yang akan diadakan secara daring mulai tanggal 16 Oktober ini akan memperebutkan medali emas, perak dan perunggu dari Kementerian agama RI yang merupakan salah satu dari 6 (enam) ajang bergengsi dari Kemenag, selain Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Madrasah Leadership Student Awards (MLSA), Kompetisi Robotik Madrasah dan lainnya. Final MYRES 2020 akan diadakan pada pertengahan November nanti saat siswa telah melaksanakan penelitiannya.

Saat dikonfirmasi via telepon genggam, Maiza mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak madrasah yang telah memberikan fasilitas dalam pendampingan penulisan proposal. “Alhamdulillah, saya tentunya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terimaksih kepada pihak MAN 1 Bungo yang telah memberikan pendampingan kepada saya dalam penulisan proposal ini”, ujar Maiza. Ditambahkan oleh Chairul Wahyudi, S. Pd, potensi penelitian di Bungo masih sangat terbuka luas dan perlu komitmen yang tinggi dalam upaya eksplorasi tersebut diimbangi oleh komunitas riset yang terstruktur. “Potensi penelitian yang sangat besar di Kabupaten Bungo harus dieksplorasi oleh komunitas riset yang memiliki komitmen tinggi:, ujar Chairul.

Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian, S. Pd. I, M. Pd. I sangat mengapresiasi capaian ini sebagai bentuk ikhtiar dalam menjalankan slogan Madrasah Hebat Bermartabat. Capaian ini juga menjadi langkah lanjutan dalam pengembangan madrasah riset yang telah dicanangkan oleh Kemenaterian Agama sejak 2013 lalu. Beliau juga menyampaikan untuk terus mengembangkan potensi di MAN 1 Bungo demi kemajuan madrasah, “Tentunya ini sebuah hasil yang sangat membanggakan bagi civitas dan akademika MAN 1 Bungo. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat, Kaur TU, Komite, Para Wakil Kepala Madrasah, Majelis Guru, dan seluruh keluarga besar MAN 1 Bungo. Terakhir, mari kita terus kembangkan bidang-bidang lain selain riset”, imbuh Kepala MAN 1 Bungo. Semoga MAN 1 Bungo mendapat hasil yang terbaik dalam kompetisi ini. Aamiin (C/S/N)

 


34x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.238.147.211
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved